TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Gambar Himne

  Boks Temuan

Bilangan 23:24

Konteks
23:24 Lihat, suatu bangsa, yang bangkit seperti singa betina, c  dan yang berdiri tegak seperti singa jantan, d  yang tidak membaringkan dirinya, sebelum ia memakan mangsanya dan meminum darah e  dari yang mati dibunuhnya."

Ester 8:7

Konteks
8:7 Maka jawab raja Ahasyweros kepada Ester, sang ratu, serta kepada Mordekhai, orang Yahudi itu: "Harta milik Haman telah kukaruniakan kepada Ester, dan Haman sendiri telah disulakan q  pada tiang karena ia sudah mengacungkan tangannya kepada orang Yahudi.

Ester 8:9

Konteks
8:9 Pada waktu itu juga dipanggillah para panitera raja, dalam bulan yang ketiga--yakni bulan Siwan--pada tanggal dua puluh tiga, dan sesuai dengan segala yang diperintahkan Mordekhai ditulislah surat kepada orang Yahudi, dan kepada para wakil pemerintah, para bupati dan para pembesar daerah, dari India sampai ke Etiopia, v  seratus dua puluh tujuh daerah, kepada tiap-tiap daerah menurut tulisannya dan kepada tiap-tiap bangsa menurut bahasanya, dan juga kepada orang Yahudi menurut tulisan dan bahasanya. w 

Ester 8:11

Konteks
8:11 yang isinya: raja mengizinkan orang Yahudi di tiap-tiap kota untuk berkumpul dan mempertahankan nyawanya serta memunahkan, membunuh atau membinasakan segala tentara, bahkan anak-anak dan perempuan-perempuan, dari bangsa dan daerah yang hendak menyerang mereka, dan untuk merampas x  harta miliknya,

Ester 9:1--10:3

Konteks
Tindakan orang Yahudi terhadap musuhnya
9:1 Dalam bulan yang kedua belas--yakni bulan Adar k --,pada hari yang ketiga belas, ketika titah serta undang-undang raja akan dilaksanakan, pada hari musuh-musuh orang Yahudi berharap mengalahkan orang Yahudi, terjadilah yang sebaliknya: l  orang Yahudi mengalahkan pembenci-pembenci mereka. m  9:2 Maka berkumpullah orang Yahudi di dalam kota-kotanya n  di seluruh daerah raja Ahasyweros, untuk membunuh orang-orang yang berikhtiar mencelakakan mereka, dan tiada seorangpun tahan menghadapi mereka, o  karena ketakutan kepada orang Yahudi p  telah menimpa segala bangsa itu. 9:3 Dan semua pembesar daerah dan wakil pemerintahan dan bupati serta pejabat kerajaan menyokong orang Yahudi, karena ketakutan kepada Mordekhai telah menimpa mereka. q  9:4 Sebab Mordekhai r  besar kekuasaannya s  di dalam istana raja dan tersiarlah berita tentang dia ke segenap daerah, karena Mordekhai itu bertambah-tambah besar kekuasaannya. t  9:5 Maka orang Yahudi mengalahkan semua musuhnya 1 : mereka memukulnya dengan pedang, membunuh dan membinasakannya; u  mereka berbuat sekehendak hatinya terhadap pembenci-pembenci mereka. 9:6 Di dalam benteng Susan saja orang Yahudi membunuh dan membinasakan lima ratus orang. 9:7 Juga Parsandata, Dalfon, Aspata, 9:8 Porata, Adalya, Aridata, 9:9 Parmasta, Arisai, Aridai dan Waizata, 9:10 kesepuluh anak laki-laki v  Haman bin Hamedata, seteru orang Yahudi, w  dibunuh oleh mereka, tetapi kepada barang rampasan x  tidaklah mereka mengulurkan tangan. 9:11 Pada hari itu juga jumlah orang-orang yang terbunuh di dalam benteng Susan disampaikan ke hadapan raja. 9:12 Lalu titah raja kepada Ester, sang ratu: "Di dalam benteng Susan saja orang Yahudi telah membunuh dan membinasakan lima ratus orang beserta kesepuluh anak Haman. Di daerah-daerah kerajaan yang lain, entahlah apa yang diperbuat mereka. Dan apakah permintaanmu sekarang? Niscaya akan dikabulkan. Dan apakah keinginanmu lagi? Niscaya dipenuhi. y " 9:13 Lalu jawab Ester: "Jikalau baik pada pemandangan raja, diizinkanlah kiranya kepada orang Yahudi yang di Susan untuk berbuat besokpun sesuai dengan undang-undang untuk hari ini, dan kesepuluh anak z  Haman itu hendaklah disulakan a  pada tiang." 9:14 Rajapun menitahkan berbuat demikian; maka undang-undang itu dikeluarkan di Susan dan kesepuluh anak Haman disulakan b  orang. 9:15 Jadi berkumpullah orang Yahudi yang di Susan pada hari yang keempat belas bulan Adar juga dan dibunuhnyalah di Susan tiga ratus orang, tetapi kepada barang rampasan c  tidaklah mereka mengulurkan tangan. 9:16 Orang Yahudi yang lain, yang ada di dalam daerah kerajaan, berkumpul dan mempertahankan nyawanya serta mendapat keamanan d  terhadap musuhnya; e  mereka membunuh tujuh puluh lima ribu orang f  di antara pembenci-pembenci mereka, tetapi kepada barang rampasan g  tidaklah mereka mengulurkan tangan. 9:17 Hal itu terjadi pada hari yang ketiga belas dalam bulan Adar. Pada hari yang keempat belas berhentilah mereka dan hari itu dijadikan mereka hari perjamuan h  dan sukacita. 9:18 Akan tetapi orang Yahudi yang di Susan berkumpul, baik pada hari yang ketiga belas, baik pada hari yang keempat belas dalam bulan itu. Lalu berhentilah mereka pada hari yang kelima belas dan hari itu dijadikan mereka hari perjamuan dan sukacita. 9:19 Oleh sebab itu orang Yahudi yang di pedusunan, yakni yang diam di perkampungan merayakan hari yang keempat belas bulan Adar i  itu sebagai hari sukacita dan hari perjamuan, dan sebagai hari gembira untuk antar-mengantar j  makanan.
Penetapan hari raya Purim
9:20 Maka Mordekhai menuliskan peristiwa itu, lalu mengirimkan surat-surat kepada semua orang Yahudi di seluruh daerah raja Ahasyweros, baik yang dekat baik yang jauh, 9:21 untuk mewajibkan mereka, supaya tiap-tiap tahun merayakan hari yang keempat belas dan yang kelima belas bulan Adar, 9:22 karena pada hari-hari itulah orang Yahudi mendapat keamanan k  terhadap musuhnya dan dalam bulan itulah dukacita mereka berubah menjadi sukacita dan hari perkabungan menjadi hari gembira, l  dan supaya menjadikan hari-hari itu hari perjamuan dan sukacita dan hari untuk antar-mengantar makanan m  dan untuk bersedekah kepada orang-orang miskin. n  9:23 Maka orang Yahudi menerima sebagai ketetapan apa yang sudah dimulai mereka melakukannya dan apa yang ditulis Mordekhai kepada mereka. 9:24 Sesungguhnya Haman bin Hamedata, orang Agag, o  seteru semua orang Yahudi itu, telah merancangkan hendak membinasakan orang Yahudi dan diapun telah membuang pur p --yakni undi q --untuk menghancurkan dan membinasakan r  mereka, 9:25 akan tetapi ketika hal itu disampaikan ke hadapan raja, maka dititahkannyalah dengan surat, supaya rancangan jahat yang dibuat Haman terhadap orang Yahudi itu dibalikkan ke atas kepalanya. s  Maka Haman beserta anak-anaknya disulakan t  pada tiang. u  9:26 Oleh sebab itulah hari-hari itu disebut Purim 2 , menurut kata pur. v  Oleh sebab itu jugalah, yakni karena seluruh isi surat itu dan karena apa yang dilihat mereka mengenai hal itu dan apa yang dialami mereka, 9:27 orang Yahudi menerima sebagai kewajiban dan sebagai ketetapan bagi dirinya sendiri dan keturunannya dan bagi sekalian orang yang akan bergabung dengan mereka, bahwa mereka tidak akan melampaui merayakan kedua hari itu tiap-tiap tahun, menurut yang dituliskan tentang itu dan pada waktu yang ditentukan, 9:28 dan bahwa hari-hari itu akan diperingati dan dirayakan di dalam tiap-tiap angkatan, di dalam tiap-tiap kaum, di tiap-tiap daerah, di tiap-tiap kota, sehingga hari-hari Purim itu tidak akan lenyap dari tengah-tengah orang Yahudi dan peringatannya tidak akan berakhir dari antara keturunan mereka. 9:29 Lalu Ester, sang ratu, anak Abihail, w  menulis surat, bersama-sama dengan Mordekhai, orang Yahudi itu; surat yang kedua tentang hari raya Purim ini dituliskannya dengan segala ketegasan untuk menguatkannya. 9:30 Lalu dikirimkanlah surat-surat kepada semua orang Yahudi di dalam keseratus dua puluh tujuh daerah x  kerajaan Ahasyweros, dengan kata-kata salam dan setia, 9:31 supaya hari-hari Purim itu dirayakan pada waktu yang ditentukan, seperti yang diwajibkan kepada mereka oleh Mordekhai, orang Yahudi itu, dan oleh Ester, sang ratu, dan seperti yang diwajibkan mereka kepada dirinya sendiri serta keturunan mereka, mengenai hal berpuasa y  dan meratap-ratap. z  9:32 Demikianlah perintah Ester menetapkan perihal Purim itu, kemudian dituliskan di dalam kitab.
Kebesaran Mordekhai
10:1 Maka raja Ahasyweros mengenakan upeti atas negeri dan daerah-daerah pesisir a  juga. 10:2 Segala perbuatannya yang hebat serta gagah dan pemberitaan yang seksama tentang kebesaran yang dikaruniakan b  raja kepada Mordekhai, c  bukankah semuanya itu tertulis di dalam kitab sejarah d  raja-raja Media dan Persia? 10:3 Karena Mordekhai, orang Yahudi itu, menjadi orang kedua e  di bawah f  raja Ahasyweros, g  dan ia dihormati oleh orang Yahudi serta disukai oleh banyak sanak saudaranya, sebab ia mengikhtiarkan yang baik bagi bangsanya dan berbicara untuk keselamatan bagi semua orang sebangsanya. h 

Yehezkiel 39:8-10

Konteks
39:8 Sungguh, pasti datang dan terjadi, yaitu hari n  yang sudah Kufirmankan. 39:9 Dan yang diam di kota-kota Israel akan keluar dan menyalakan api serta membakar semua perlengkapan senjata Gog, yaitu perisai kecil dan besar, busur dan panah, o  tongkat pemukul dan tombak, dan mereka membakarnya p  selama tujuh tahun 3 . 39:10 Mereka tidak akan mengambil kayu dari hutan belukar atau membelah kayu api di hutan-hutan, sebab mereka akan menyalakan api itu dengan perlengkapan senjata itu. Mereka akan merampas q  orang-orang yang merampas mereka dan menjarah orang-orang yang menjarah mereka, demikianlah firman Tuhan ALLAH. r 

Zakharia 14:1-7

Konteks
Kemenangan terakhir: TUHAN menjadi Raja di Yerusalem
14:1 Sesungguhnya, akan datang hari yang ditetapkan TUHAN 4 , x  maka jarahan y  yang dirampas dari padamu akan dibagi-bagi di tengah-tengahmu. 14:2 Aku akan mengumpulkan segala bangsa z  untuk memerangi a  Yerusalem 5 ; kota itu akan direbut, rumah-rumah akan dirampoki dan perempuan-perempuan akan ditiduri. b  Setengah dari penduduk kota itu harus pergi ke dalam pembuangan, tetapi selebihnya dari bangsa itu tidak akan dilenyapkan dari kota c  itu. 14:3 Kemudian TUHAN akan maju 6  berperang d  melawan bangsa-bangsa itu seperti Ia berperang pada hari pertempuran. e  14:4 Pada waktu itu kaki-Nya akan berjejak di bukit Zaitun 7  f  yang terletak di depan Yerusalem di sebelah timur. Bukit Zaitun itu akan terbelah g  dua dari timur ke barat, sehingga terjadi suatu lembah yang sangat besar; setengah dari bukit itu akan bergeser ke utara dan setengah lagi ke selatan. 14:5 Maka tertutuplah lembah gunung-gunung-Ku, sebab lembah gunung itu akan menyentuh sisinya; dan kamu akan melarikan diri seperti kamu pernah melarikan diri oleh karena gempa bumi h  pada zaman Uzia, raja Yehuda. Lalu TUHAN, Allahku, akan datang, i  dan semua orang kudus bersama-sama Dia. j  14:6 Maka pada waktu itu tidak akan ada lagi udara dingin atau keadaan beku, k  14:7 tetapi akan ada satu hari l --hari itu diketahui oleh TUHAN--dengan tidak ada pergantian siang dan malam, m  dan malampun menjadi siang. n 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[9:5]  1 Full Life : MENGALAHKAN SEMUA MUSUHNYA.

Nas : Est 9:5

Binasanya musuh orang Yahudi pada tanggal 13 bulan Adar adalah tindakan bela diri; orang Yahudi telah dijebak dalam situasi sehingga mereka harus bertempur demi menyelamatkan nyawa mereka. Mereka menentang semua pihak yang ingin memusnahkan mereka, namun mereka menahan diri dengan tidak menjarah musuh-musuh mereka itu (ayat Est 9:10,15-16).

[9:26]  2 Full Life : PURIM.

Nas : Est 9:26

Mordekhai menetapkan Hari Raya Purim (bd. ayat Est 9:20-23), perayaan selama dua hari yang merayakan perbuatan Allah membebaskan umat-Nya dari komplotan jahat Haman.

  1. 1) Pesta itu disebut "Purim" untuk mengingat bahwa Haman memakai "pur" atau undi untuk menentukan hari pembantaian orang Yahudi

    (lihat cat. --> Est 3:7).

    [atau ref. Est 3:7]

  2. 2) Purim mengingatkan kita bahwa Allah dapat mengesampingkan hukum peruntungan. Umat Allah tidak boleh memandang diri sebagai korban nasib atau peruntungan. Allah memiliki rencana indah bagi kehidupan kita, suatu rencana yang cocok dengan rencana penebusan-Nya yang besar. Tetapi kita harus mempunyai pendirian yang tetap, seperti Mordekhai dan Ester.

[39:9]  3 Full Life : TUJUH TAHUN.

Nas : Yeh 39:9

"Tujuh tahun" di sini (juga lih. ayat Yeh 39:12) mungkin tujuh tahun yang sungguhan, atau mungkin sebuah angka simbolik yang menunjukkan kesempurnaan kebinasaan musuh. Bagaimanapun juga, berita pasal ini jelas: umat Allah pada akhirnya akan menang, dan semua kejahatan serta penderitaan akan dihapuskan.

[14:1]  4 Full Life : AKAN DATANG HARI ... TUHAN.

Nas : Za 14:1

"Hari Tuhan" adalah hari penghukuman dan pemulihan. Di sini hari itu menunjuk kepada saat ketika Kristus akan datang kembali untuk menghakimi bangsa-bangsa dan mendirikan pemerintahan-Nya di bumi.

[14:2]  5 Full Life : MENGUMPULKAN SEGALA BANGSA UNTUK MEMERANGI YERUSALEM.

Nas : Za 14:2

Bangsa-bangsa seakan-akan memperoleh kemenangan militer, tetapi pada akhirnya mereka akan dibinasakan

(lihat cat. --> Za 12:3-9).

[atau ref. Za 12:3-9]

[14:3]  6 Full Life : KEMUDIAN TUHAN AKAN MAJU.

Nas : Za 14:3

Tuhan akan campur tangan di dalam pertempuran itu dan mengalahkan bangsa-bangsa.

[14:4]  7 Full Life : KAKI-NYA AKAN BERJEJAK DI BUKIT ZAITUN.

Nas : Za 14:4

Nubuat ini akan digenapi oleh Yesus Kristus pada kedatangan-Nya yang terakhir ketika Dia kembali ke tempat yang ditinggalkan-Nya (Luk 24:50-51; Kis 1:9-12). Topografi wilayah itu akan berubah secara dramatis ketika bukit itu akan terbelah dua, setengahnya bergeser ke utara, setengahnya lagi ke selatan, sehingga terjadi sebuah lembah di antaranya.



TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA